warungsteak

Just another WordPress.com site

WARUNG STEAK

                

1.     RINGKASAN EKSEKUTIF (EKSECUTIVE SUMMARY)

Warung steak adalah konsep warung minimalis dan makanan yang dapat dinikmati oleh semua orang baik anak-anak maupun orang dewasa dapat menikmati nya.

Warung steak menawarkan  dari berbagai steak ayam  dengan stek tanderleon (daging sapi) dan warung steak yang dibuat dari berbagai bahan seperti ayam, daging sapi,terigu,garem,sasa,lada, gula merah.

WS pertama kali akan dibuka di Bogor  Jl.Jendral Sudirman pusat jajanan pujasera dekat kawasan Air Mancur. Dan membuka cabang di  kota Jakarta d pusat-pusat perbelanjaan seperti Mal Pondok Indah, ITC, Blok M, Mangga dua dll. dan berdekatan dengan pusat jajan dan makanan.

Peluang membuka warung Steak ini di mal dan gedung-gedung perkantoran masih sangat terbuka karena bagi  masyarakat kota makan steak sekarang sangat trens sekali dan sangat disukai. Terutama untuk anak-anak remaja atau ABG.Warung Steak Juga sudah menjadi tempat strategis untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman ataupun teman kencan.

Element-element utama yang ditawarkan membadakan antara WS dengan Warung Steak  pada umumnya adalah :

Warung steak hanya menyajikan steak ayam dan steak daging

-   Produk yang Berkualitas Tinggi

-   Metode Memasaran yang Sangat Unik

-   Lokasi Tempat yang Strategis

-   Pelayanan yang sangat Baik dan Nyaman

-   Desain dan Atmosfer yang Hangat

II. BISNIS

A.Konsep Bisnis

Warung Steak adalah konsep warung minimalis yang didasarkan pada makanan-makanan  yang terpilih dari Bahan utamanya adalah daging  ayam dan daging sapi. WS menawarkan makanan dengan menciptakan makanan khas dari Indonesia walaupun steak berasal dari daerah luar negeri,tetapi steak yang dibuat di indonesia sangat berbeda dengan yang asli dari luar negeri.konsep ini akan sangat beda sekali dengan warung steak yang lain.

Warung steak minimalis (WS) akan dibuka pertama kali di jakarta dan dikembangkan dibeberapa kota besar lainnya. Konsep warung ini berbeda dengan warung steak yang pada umumnya tidak menyediakan kafe untuk berhura-hura hanya focus pada makan steak,dan menu lainnya sebagai pelengkap tambahan makan steak seperti aneka kopi, teh, jus, air mineral, sayur-sayuran, dan kentang goreng.

Rencana jangka pendek perusahaan akan gerai pertama seluas kurang dari atau sama dengan 200 M di kota Jakarta. Rencana jangka menengah perusahaan adalah  melakukan strategi dengan menambahkan cabang baru di jaKarta dan di bogor.sementara itu jangka panjang perusahaan adalah  menjadikan warung steak ini lebih terkenal dan banyak disukai oleh orang-orang indonesia.

Berikut ini adalah 5 element utama yang di tawarkan oleh WS yang membedakannnya sesama warung steak yang ada di indonesia.

-          Produk yang Berkualitas Tinggi

Warung steak di dirikan untuk menyediakan makanan yang berkualitas tinggi. Dan sangat berbeda dengan warung steak yang lain yang di indonesia.

-          Metode Pemasaran yang Sangat Unik

Warung steak ini mengeluarkan metode yang sangat unik dan berbeda dengan steak yang berada diluar negeri hanya saja dengan menggunakan nama yang sama yaitu steak.keunikn dari warung steak ini yaitu steak yang dibuat dengan persi di indonesia dan terbuat dari bahan bahan yang terdapat di indonesia.

-          Lokasi Tempat yang Strategis

Warung steak ini mempunyai lokasi yang strategis yang bertempat di pinggir jalan besar dan berdekatan dengan tempat nongkrong para ABG .dan juga sering dilewati para pengguna jalan daerah mancur.

-          Pelayanan yang Sangat Baik dan Nyaman

Pelayanan yang ada diwarung steak ini sangat baik dan para pegawai nya sangat cekatan dan cepat untuk melayani para konsumen yang ingin menikmati makan steak.dan pelayanan nya sangat mempuaskan para konsumen.

-          Desain yang Sangat Unik

Warung steak ini mempunyai desain yang sangt unik yaitu dengan lampu kecil dan berwarna di sediakn lilin  di setipa meja, nuansa warung yang sangat sejuk dan ditambahkan dengan kipas angin .serta menyediakn tempat parkir untuk para konsumen yang berkunjung kewarung steak.

b. Produk yang Ditawarkan

meskipun,menu utama yang ditawarkan adalah steak,tetapi warung steak    juga menawarkan berbagai menu lainnya sebagai tambahan.

-          Menu  steak

Warung steak menawarkan makanan gaya luar negeri tetapi dibuat di indonesia yang mengandung ciri khas dari steak yaitu setiap konsumen yang datang pasti akan kembali lagi karena suka dengan steak persi Indonesia

-          Selain itu pelanggan juga dapat  memesan  berbagai macam minuman yang beraneka rasa seperti jus, ada rasa stobery, alpukat, jeruk, semangka, anggur dan lain-lain

-          Menu lainnya

Menu yang di tawkan diwarung steak adalah:

  • Nasi
  • Sphagetty
  • Kentang goreng

C   Harga

Harga yang ditawarkan oleh warung steak sangan kompetitip dan tidak terlalu mahal.

Berikut adalah Daftar Harga:

  1. Steak ayam      Rp. 15.000
  2. Daging sapi      Rp. 17.000
  3. Nasi                    Rp.   8.000
  4. Sphagety          Rp. 20.000
  5. Kentang            RP. 10.000
  6. Jus                      Rp. 10.000
  7. Air mineral     Rp.   3.000
  8. Aneka teh        Rp. 3000-10000
  1. Persediaan Barang dan Pemasaran
  • Strategi pemasaran perusahaan adalah menciptakan makanan yang  sesuai dengan lidah Indonesia dan mengeluarkan berbagai produk yang di tawakan perusahaan.
  • Implementasi strategi ini mengikuti hal-hal berikut:
    • Memberikan foucer gratis
    • Makan seharga diatas 100.000 mendapatkan bonus minuman
    • Bentuk lain strategi dari warung steak adalah bentuk slogan dengan desain yang sangat menarik.
  1. Layanan Pelanggan
  • untuk meningkatkan  kualitas layanan  kepada para pelanggan dan consumen. WS akan menyelanggarakan pemasaran internal melalui delivery order (pesanan antar)
  • selain itu karyawan juga akan diberikan pelatihan mengenai produk warung steak yang dihasilkan perusahaan ini.
  • karyawan akan menggunakan seragam yang rapih dan bersih

F. Pasokan Barang Dagangan

  • bahan baku untuk steak
  • pelengkap makanan steak

H. Operasi Gerai dan Manajemen

  • Gerai akan dioprasikan oleh satu manejer warung dan 10 orang pegawai.
  • jam operasinya mulai pukul 11.00-23.00. setiap hari senin-minggu

 

III PASAR

-          Perusahaan mempertimbangkan beberapa pasar yang relevan yaitu:

  • Pasar Warung Steak dalam kota (Bogor)
  • Pasar Warung Steak luar kota (JABODETABEK)

-          Selain itu, perlu dipahami pula segmen pasar yang akan di jadikan pasar sasaran WS, perilaku konsumen ke Warung Steak dan positioning yang akan di gunakan WS.

-          Segmentasi Pasar

Berdasarkan study  lowed Dan  majalah SWA (Tahun 2005) segmentasi pasar Indonesia dapat dapat dibagi menjadi 8 bagian segmen,yaitu:

Segmen # 1: pasrah/Introvert Wallflower (8,1%)

Ciri-ciri: wanita,usia matang berpendidikan  rendah dan  tinggal didaera. Umumnya tidak punya keinginan dan tidak terlalu optimis terhadap masa depan.

Segmen #2: gaul glam/ The Networking Pleasure Seeker (11%)

Ciri-ciri: wanita,usia matang yang sangat terbuka, suka bergaul dan penuh girah,tinggal didaerah perkotaan dengan tingkat social ekonomi A+. mereka sangat matrealistis dan memiliki harta/benda adalah puncak kebahagian hidup. Sisi menarik segmen ini adalah merekapercaya bahwa pertemanan adalah investasi. Dimata mereka, pertemanan lebih seperti membuat jejaring dari pada membangun ikatan. Sehingga bagi mereka, pengakuan diri itu ada jika mereka bisa diterima oleh lingkungan pergaulannya.

Segmen #3 : Orang alim/Confiden Etabish (5,2%)

Ciri-ciri : pria, usia matang, berpendidikan tinggi, dan tinggal didaerah        perkotaan . mereka sangat percaya diri dan berkarakter kuat,
menyukai kedamaian dalam kehidupan sosialnya, sangat normative
dan suka menolong.

Segmen #4: ibu-ibu PKK/ The Optimistic Family Person(13,5%)

Ciri-ciri: wanita, usia matang dari daerah rural dengan status social-ekonomi rendah, hidup dengan bersahaja, realistis, kekeluargaan, dan normative. Mereka menyukai masak sebgai hoby, tidak sekedar kewajiban.hidup diabadikan untuk keluarga, tidak matrealistis. Keluarga adalah segalanya.

Segmen # 5: anak nongkrong/ The Change Espect lad (10,2%)

Ciri-ciri: usia muda laki-laki tinggal didaerah urban status social-ekonomi nya menengah- bawah. Karakter mereka: hidup berorientasi pada teman-teman nya (kelompok nya) konsep yang dianut: all is one and one is all.

Segmen # 6: lembut hati/ Cheerful Humanist (12,1%)

Ciri-ciri: wanita muda daerah pedesaan dengan tingkat social-ekonomi rendah, cenderung tidak suka menjadi pusat perhatian, dan berempati pada lingkungan dan orang-orang sekitarnya menyukai lingkungan damai penuh harmoni dan sangat menaruh perhatian. Tidak mementingkan materi dan selalu ingin dibutuhkan serta menyenangi kebersamaan .

Segmen # 7: main untuk menang/ The Savvy Conquer (16%)

Ciri-ciri: pria matang berpendidikan,didaerah perkotaan ini sangat menikmati hidup lugas, selalu berusaha mencapai kejayaan. Sangat menyukai kompotisi dan cenderung dominan dalam pergaulan. Senang passion,menikmati cuisine, gemar melihat iklan.keinginan dasar mereka adalah dimanja materi dan barang-barang yang dipunyai, suka disanjung dan dipuja, serta supel dan penuh energy.

Segmen # 8: Bintang Panggung

Ciri-ciri: wanita dari daerah  perkotaan dengan status social-ekonomi tinggi, senang menjadi pusat perhatian, suka bergaul, suka pamer,dan  menyenangi aktivitas di luar rumah , seperti pesta dan kumpul-kumpul. Mereka menyukai hal-hal baru yang sedang menjadi tren, seperti fashion dan gadget,serta sangat menikmati hidup. Bagi mereka, materi adalah alat untuk memenuhi tuntutan gaya hidup, sanjungan dan pujaan adalah bukti pengakuan diri, serta kelompok menjadii alat mencapai kepopuleran.

  • Berdasarkan survey diatas, maka potensi segmen yang bisa dijadikan sasaran warung steak adalah segmen the networking pleasure seeker 11%, the change expect lad 10,5% dan the spontaneous fun loving dengan kisaran sebesar 13.6%.

Perilaku Konsumen ke Warung Steak

  • Salah satu ciri dari perilaku konsumen di indonesia, khususnya masyarakat perkotaan adalah suka berkumpul dengan teman,kerabat maupun rekan sekerja. Tempat berkumpul umumnya adalah dipusat makanan kafe fitness senter,tempat karaoke dll. Perilaku suka berkumpul ini juga merupakan salah satu ciri bahwa masyarakan Indonesia memiliki kehidupan social yang kuat.
  • Pergi kepusat makanan kafe fitness senter,tempat karaoke dll telah menjadi tren bagi masyarakat perkotaan saat ini. Salah satunya juga dipicu oleh perilaku konsumen yang dimudahkan oleh fasilitas-fasilitas yang disediakn lewat perbankan (kartu kredit) dan di tengah kesibukan mereka biasanya mereka menyempatkan diri untuk berkumpul bersama keluarga, teman, dan orang terdekat di tempat-tempat yang di sebutkan di atas tadi.
  • Perilaku konsumen seperti demikian  menjadi sebuah peluang yang sangat baik bagi warung Steak.

Positioning

  • Agar dapat menarik perhatian calon pelanggannya, WS Merancang sebuah strategis positioning yang atraktif.
    • Beberapa statemen positioning yang bisa di gunakan, missalnya:

“ Warung Steak Sekali coba pasti mau lagi”

IV. PELANGGAN

  • Pasaran sasaran Warung Steak adalah remaja(pelajar,mahasiswa, pegawai kantoran,baik yang professional dari ibu-ibu PKK dari kalangan kelas social menengah keatas. Warung Steak akan berlokasi di tempat yang dapat terjangkau oleh para pelanggan tersebut.
  • Perusahaan berharap tingkat pembelian ulang konsumen cukup tinggi selain itu juga diharapkan sekitar 75% pesanan eat in.

V. PERSAINGAN

  • Persaingan terutama berkaitan dengan kualitas produk, layanan,merk dan lokasi Warung Steak
  • Warung Steak akan bersaing langsung dengan sesama kedai Steak lainnya (Steak Moen-Moen, Steak 21 dll)

VI. MANAJEMEN

Struktur manajemn akan berkaitan dengan aspek-aspek:

  • Propesionalisme
  • Mutualisme
  • Keahlian dalam hal keuangan manajemen dan aspek hukum serta layanan konsumen.

VII. PROYEKSI KEUANGAN

Modal

Ringkasan modal adalah sebagai berikut:

  • Biaya sewa tempat                   Rp  12.000.000
  • Biaya desain Warung Steak  Rp     8.000.000
  • Peralatan dari meja,kursi,    Rp. 10.000.000
  • Biaya lain-lain                           Rp     6.500.000

Jumlah                                          Rp. 44.500.000

 

Penjualan

  • Penjualan tahap awal adalah rata-rata 180 orang setiap hari berkunjung untuk 6 bulan pertama.

Gaji

  • Manajemen akan membayar gaji manjemer warung steak penuh waktu sebesar 27.000.000 rupiah per tahun. Gaji karyawan paruh waktu 600.000.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: